Kamis, 13 Desember 2012

Kegunaan Unsur Logam Golongan Alkali Tanah



Berilium
Berilium merupakan logam yang ringan dan keras. oleh karena itu, paduan tembaga dengan berilium digunakan untuk pegas dan klip berilium mempunyai penampang lintang dengan daya absorpsi yang kecil terhadap radiasi sehingga digunakan pada industri tenaga nuklir. berilium transparan terhadap sinar X sehingga digunakan dalam tabung sinar X.

Magnesium
Magnesium digunakan untuk membuat paduan logam (alies) terutama paduan magnesium dengan aluminium. Aliase ini digunauntuk bahan konstruksi pesawat terbang dan mobil karena aliase ini kuat,ringan,tahankorosi,serta tahan asam dan basa.

Kalsium
Senyawa kalsium seperti kapur dan batu kapur banyak digunakan sebagai bahan bangunan, seperti pada semen yang dibuat dengan memanaskan campuran kapur, pasir, dan tanah liatuntuk membentuk kalsium silikat, kapur juga digunakan untuk membuat karbid. karbid digunakan untuk menghasilkan gas esetilena. Gas esetilena bermanfaat untuk mempercepat pematangan buah. Mengatur keasaman pada industri kertas, makanan dan gula, mengurangi keasaman pada industri pertanian, menghilangkan SO2 dan H2S darui cerobong pabrik terutama industri metaturgi dan pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil. Senyawa kalsium lain yang memiliki banyak kegunaan adalah Ca(OH)2 kalsium hidroksida kegunaan senyawa ini adalah untuk menghilangkan kesadahan air( Proses Clare).

Stronsium
Digunakan untuk membuat kembang api aliase.
 
Barium
Ba-N1 digunakan untuk tabung vakum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar